Sektor bisnis kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia terus bergeliat. Karena itu, sejumlah barang-barang hasil produksi UMKM di Indonesia sekarang sudah merambah pasar luar negeri. Bahkan, banyak pula dari UMKM tersebut yang sudah beromzet hingga miliaran rupiah per bulan.

Namun, banyak juga yang kebingungan ketika ingin menambah jumlah barang yang diekspor ke luar negeri. Tentunya, pengiriman dalam jumlah besar mesti menggunakan pengiriman cargo dan pengurusan dokumen, bea cukai, transportasi, dan sebagainya menjadi jauh lebih rumit.

Belum lagi, pengiriman ke luar negeri juga harus bekerjasama dengan jasa kurir terbaik di setiap negeri tujuan. Ada banyak regulasi yang harus dipenuhi, dan ditambah dengan risiko pengiriman barang yang kadang bisa merugikan produsen.

Karena itu, sangat disarankan untuk mencari jasa ekspor yang tepat, terjamin, cepat, dan aman. Ada jasa ekspor Indonesia yang menawarkan jangkauan ke lebih banyak negara, ada juga yang menawarkan jaringan dengan berbagai jasa kurir terbaik di setiap negara tujuan, sampai ada yang punya layanan door to door, sehingga barang yang dikirimkan akan langsung sampai ke alamat tujuan.

Sekarang, apa saja tips mencari jasa ekspor Indonesia yang mampu mengakomodir semua hal terkait pengiriman ke luar negeri? Tentunya, dengan jasa ekspor yang tepat, maka usaha akan semakin berkembang dan melaju pesat tanpa harus cemas memikirkan barang yang sedang dikirimkan.

Tips pertama mencari jasa ekspor Indonesia adalah cari jasa ekspor impor yang mampu mengurusi semua urusan administrasi yang diperlukan seperti dokumen, bea cukai, dan sebagainya. Jadi, Anda tinggal fokus pada kualitas barang, dan serahkan semuanya pada tim profesional. Tinggal packing barang, lalu barang dijemput, dan semua hal terkait administrasi diselesaikan dengan baik.

Tips kedua, cari jasa yang menawarkan pemantauan cargo secara langsung. Jadi, Anda bisa melacak di mana posisi cargo Anda saat ini, berapa lama lagi akan sampai, dan kapan barang tersebut tiba di pelabuhan, bandara, gudang, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui proses perjalanannya untuk kemudahan berhubungan dengan klien Anda.

Tips ketiga, cari jasa yang memiliki jaringan internasional lebih banyak. Semakin luas jangkauan penyedia jasa tersebut, maka akan semakin banyak pula tempat yang bisa Anda tuju. Penyedia jasa berhubungan dengan otoritas pelabuhan, administrasi, kepabeanan, dan bandara untuk memudahkan proses pengiriman barang.

Tips keempat, penyedia jasa mesti memiliki jaringan dengan perusahaan logistik luar negeri. Lebih baik lagi, bila perusahaan logistik yang bekerja sama dengan perusahaan atau penyedia jasa ekspor tersebut merupakan perusahaan logistik ternama dan kredibel.

Tips kelima, mesti ada asuransi dan jaminan barang tetap utuh hingga ke tangan penerima. Pastikan bahwa penanganan barang Anda dilakukan dengan profesional dan dibarengi dengan teknologi terkini. Jadinya, mulai dari penyusunan, peletakan, penanganan, hingga penyimpanan barang baik di bagasi maupun di gudang akan dilakukan dengan teliti.

Tips ketujuh, ketepatan waktu adalah hal yang sangat penting. Tentu, Anda tidak ingin kehilangan klien hanya karena barang yang dipesannya tiba terlambat, bukan? Karena itu, akan sangat baik bila Anda mencari tahu apakah penyedia jasa itu pernah terlambat sebelumnya?

Dari ketujuh tips di atas, semuanya bisa diketahui bila Anda mempelajari terlebih dulu track record dari penyedia jasa ekspor impor. Semakin bagus review dan testimoni dari klien sebelumnya, tentunya bisa menjadi nilai tambah bagi Anda. Akan lebih baik lagi, bila penyedia jasa tersebut juga memiliki peralatan dan teknologi terbaru. Hal itu bisa membuat proses pengiriman barang bisa lebih efektif dan juga efisien.